Skip to main content

Menggembirakan Pelajaran Sejarah

Mata pelajaran sejarah agaknya kurang digemari oleh kebanyakan siswa. Karakter pelajaran yang berisi peristiwa, nama tokoh, tempat, angka, tahun jadi sebab pelajaran disangka jlimet. Tak jarang, oleh siswa sejarah dianggap serumpun dengan pelajaran ‘berat’ lain. Seperti matematika, geografi, kimia, fisika dan biologi.

Padahal terang mata pelajaran sejarah adalah pelajaran penting. Bung Karno, Presiden pertama negri ini dalam perayaan HUT RI ke-21 pada 17 agustus 1966 mewanti semboyan ‘jas merah’. Jangan sekalipun melupakan sejarah. Dengan sejarah, seorang dapat memahami jati diri bangsanya. Menghargai jasa pahlawan. Juga memetik suri teladan para pendiri bangsa. Melihat manfaat ini, keberadaan pelajaran sejarah dalam kurikulum tentu amat berharga.

Tujuan mempelajari sejarah tentu tak mandeg pada sekedar tahu dan paham. Lebih itu, lewat sejarah sejarah kita diharap mampu mengambil ibrah atau pembelajaran dari masa sebelumnya. Bagaimana cara orang terdahulu meraih kejayaan. Mengapa pula tak sedikit dari mereka yang mengalami gagal dan kemunduran. Semua dipelajari agar terambil hikmah untuk menghadapi tantangan kehidupan masa kini.

Kurang menariknya pelajaran sejarah di mata siswa adalah pekerjaan rumah bagi guru sebagai pengampu pembelajaran. Materi sejarah adalah fakta. Tak lagi bisa diubah. Bagian yang dapat diusahakan adalah menyajikan kemasan sejarah semenarik mungkin.

Selaiknya, guru mencari metode terbaik agar pembelajaran sejarah mampu menggembirakan siswa. Dari sinilah. Berikut ini beberapa metode sederhana pembelajaran sejarah, yang sedikit banyak pernah disajikan penulis ke tengah anak-anak. Berdasar praktek lapangan, di tempat Khidmah penulis, MI Ma’arif Klesman Wonosobo.

Tembang Sejarah

Metode tembang atau bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair dalam pembelajaran. Syair yang digunakan disesuaikan dengan materi yang diajarkan oleh guru. Disebutkan sementara ahli pendidikan, metode menyanyi terbilang efektif. Sebab setidaknya mengandung tiga ranah yakni emosi, nada dan gerak. Dari sini menyanyi adalah hal mengembirakan bagi siapa saja.

Di MI Ma’arif Klesman Wonosobo, penulis mencoba membuat tembang mata pelajaran sejarah kebudayaan islam untuk kelas 4,5 dan 6. Hasilnya cukup menggembirakan. Tembang ini membuat siswa jatuh hati pada pembelajaran sejarah. Mereka bernyanyi. Bahkan tak sedikit dari mereka yang hafal. Mereka hafal dengan karena rasa suka. Bukan atas tuntutan guru.

Biasanya tembang dibaca pada awal dan akhir pembelajaran. Siswa dengan kompak membaca tembang. Membaca tembang sejarah sebelum memulai pembelajaran termasuk apersepsi menyenangkan. Karena berbentuk lagu, siswa riang dalam mengingat pembelajaran sebelumnya. Sebagai variasi, guru dapat membagi kelas dalam 2 kelompok. Lagu dibaca secara sambung menyambung antar kelompok. Atau guru versus siswa saling sambung.

Kelas jadi semarak kala pembelajaran sejarah berlangsung. Siswa dengan semangat menyanyi lagu sejarah, mulai dari sifat wajib rosul, hijrah Habasyah, Hijrah Thaif, Hijrah Yastrib, Isra’ Mikraj dan lagu lainnya.

Berikut 2 diantara lagu itu . . .

Hijrah ke Habasyah

Lagu : naik delman

Hijrah artinya pindah, pertama ke Habasyah
Rajab 5 kenabian, dua kali hijrah
Hijrah pertama pimpinannya sahabat Ustman
Sepuluh (10) laki-laki dan lima (5) perempuan
#
Hijrah kedua dipimpin sahabat Ja’far
Dlapan tiga (83) pira 18 perempuan
##
Hijrah ke Habasyah, lewati Shuaibah
Nama pelabuhan yang ada di kota Makkah
Najasyi, nama rajanya negeri Habasyah
Raja adil bijaksana sangat berwibawa

Hijrah ke Yastrib
lagu : delman

Yastrib kota Madinah
Subur sekali tanahnya
Pusatnya pertanian
Dan juga perdagangan
##
Dua suku disana
Perang lama waktunya
Aus.. Khazraj
Lalu damai akhirnya
##
Tiga suku Yahudi
Suka mengadu domba
Qainuqa, Quraidzah
Juga Nadhir sukunya
##
Rasul hijrah ke Yastrib
Damaikan Aus Khazraj
Allah… Allah…
Yastrib damai harmoni (tentram)
##
Rasul tiba di Yastrib
Bulan Rabiul Awal
Tanggalnya enam belas
Tahun 1 hijriyah
##
Tibanya Rasulullah
Disambut suka cita
Thala’al badru
Badru ‘alainaa…

Peta Pikiran
Peta pikiran atau mind mapping adalah metode cepat untuk mengingat materi sejarah. Lewat peta pikiran, siswa dapat mempelajari materi sejarah dengan sistematis dan runtut. Agar lebih menyenangkan siswa dibebaskan mengeluarkan kreasi dalam membuat peta pikiran. Kreasi mindmapping dapat berbentuk gambar, hingga coretan warna-warni.

Watching Film
Menonton film tentu hal yang asyik. Lewat menonton siswa tak hanya belajar secara auditori, tapi visual. Terlebih jika alur film yang ditonton menarik, waktu berjam tak terasa berjalan.

Dalam pembelajaran sejarah, kita dapat memanfaatkan media film sebagai teman belajar siswa. Tentunya, film yang kita hadirkan sesuai dengan materi yang sedang dipelajari. Kita bisa mencari film lewat media seperti youtube atau kanal video lainnya. Disana berderet film yang dapat dipilih. Sebelum kegiatan menonton mulai, guru memberi arahan. Sinopsis singkat isi film, tujuan menonton, hingga tugas yang dikerjakan selama film berlangsung. Arahan ini penting agar siswa fokus sepanjang kegiatan.

Tanya jawab berantai

Tanya jawab berantai masuk kegiatan apersepsi. Maka bahan pertanyaan ini berasal dari materi yang sudah dikuasi siswa. Usai guru mengucap dan memberi motivasi, tanya jawab berantai bisa dilangsunkan. Guru membuka kegiatan dengan melempar pertanyaan.

Nah, disini guru bisa memberi variasi dengan memilih siswa secara acak. Semisal menerbangkan pesawat kertas di kelas. Kepada siapa pesawat itu mendarat. Ia lah yang bertugas menjawab pertanyaan. Jika siswa menjawab benar, ia diperkenankan menerbangkan pesawat dari tempat duduknya. Namun bila jawaban belum tepat, siswa diminta menerbangkan pesawat dari depan kelas.

Kemana pesawat kertas itu kemudian mendarat. Ia lah yang menjadi penjawab dari pertanyaan yang kini dibuat oleh siswa penerbang pesawat. Dan begitu seterusnya, hingga guru merasa cukup.

Kartu Pasangan

Kegiatan kartu pasangan masuk dalam kategori inti pembelajaran. Disini ada proses penguatan materi. Tentu dalam suasana menggembirakan. Kegiatan ini bisa dilakukan usai guru mengajak siswa mempelajari satu materi. Sebagai penguatan, disini kartu pasangan berperan.

Terlebih dahulu guru menyiapkan kartu-kartu. Bisa dalam bentuk kertas warna-warni, agar lebih menarik. Kertas tersebut dipotong kecil sekira dapat memuat tulisan untuk pertanyaan dan jawaban. Satu warna digunakan sebagai kertas pertanyaan. Warna lain sebagai kertas jawaban. Guru membuat kertas tanya jawab ini sejumlah anggota kelas. Kegiatan ini melibatkan seluruh anak dan dilakukan secara out dor semisal di halaman Madrasah.

Metode Sosio Drama

Metode sosio drama adalah metode mengajar yang mendramatisasikan suatu situasi sosial yang mengandung suatu problem, agar peserta didik dapat memecahkan suatu masalah yang muncul dari suatu situasi sosial.

Banyak peristiwa sejarah Islam yang dapat disampaikan lewat metode ini. Semisal peristiwa peletakan kembali hajar aswad ketika Rasulullah Saw berusia 35 tahun. Bagaimana kebijaksanaan Rasul dalam mencegah tersulutnya pertikaian antar kabilah ketika itu. Ajak beberapa siswa untuk ke muka kelas. Siapkan kain, dan minta tiap siswa untuk memegang ujung kain. Beri arahan bagi perwakilan siswa tersebut, sembari guru menutur kisah. Terakhir, sampaikan kesimpulan dari peristiwa yang telah diperagakan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Mengesankan, Inilah Deret Prestasi Siswa MI Ma'arif NU Klesman dalam 3 tahun terakhir

Alhamdulillah. Mengesankan, Inilah Deret Prestasi Siswa MI Ma'arif NU Klesman dalam 3 tahun terakhir. Mulai dari  tahun pelajaran 2021/2022, 2022/2023, dan 2023/2024. Prestasi yang diraih berasal dari berbagai cabang lomba. Akademik dan non akademik. Dari berbagai event. Mulai dari MHQ, Pesta Siaga, Porsema, Porseni, Kejuaran Pagar Nusa, KSM, Popda hingga FLSN. Prestasi yang diraih  mulai dari lomba tingkat kecamatan, kabupaten, karesidenan hingga Provinsi Jawa Tengah. Berikut data prestasinya.  Data Prestasi TP 2021/2022, 2022/2023, 2023/2024 MI MA’ARIF NU KLESMAN WONOSOBO No Nama Siswa Tanggal Kegiatan Jenis Lomba Tingkat Juara ke 1 Fadhil Ahmad Khudlori 6 November 2021 MHQ Kabupaten III   2 1. Zada Musya  Hasbuna 2. M Yazid Basya 3. Lizam Fauzi 4. Pradipta 5. M Dirga 6. M.Chifni Khadiq 7....

Terbaru , 5 Prestasi Akademik Siswa MI Ma'arif NU Klesman Di Awal Tahun Pelajaran 2024/2025, Ada Tingkat Kabupaten Hingga Provinsi

 Alhamdulillah kabar gembira kembali datang dari MI Ma'arif NU Klesman Wonosobo. Terbaru, siswa-siswi MI Ma'arif NU Klesman berhasil menyabet 5 prestasi akademik di awal tahun pelajaran 2024/2025. 5 Prestasi akademik berasal dari event KSM (Kompetisi Sains Madrasah) yang diselenggarakan Kementrian Agama dan event OSKANU (Olimpiade Sains dan KeNUan) yang diadakan LP Ma'arif Provinsi Jawa Tengah. Pada ajang KSM Kabupaten siswa MI Ma'arif NU Klesman meraih 2 prestasi. Sedangkan pada ajang OSKANU Provinsi Jawa Tengah para siswa menyabet 3 penghargaan. Berikut rincian prestasi tersebut KSM KABUPATEN WONOSOBO (3 JULI 2024) Elifa Aruma Yasmin --- Juara III - Mapel Matematika A. Rifqi Wahyu S, Azzahra Aisya R - Pradipta Javas N --- Juara II - KSM Beregu OSKANU JAWA TENGAH (12 SEPTEMBER 2024) Elifa Aruma Yasmin ---Medali Perunggu --- Mapel Matematika Khumaira Fajrul Falah --- Medali Perak --- Mapel KeNUan Safira Faiqotun Nailul Mazaya --- Medali Perak --- Mapel KeNUan

Profil MI Ma'arif NU Klesman Wonosobo

Menghadapi zaman yang terus berkembang dan berubah, manusia tak cukup hanya berbekal ilmu agama. Perlu kelengkapan ilmu-ilmu pengetahuan umum atau sains agar tidak tersisih dari arus zaman. Kesadaran akan pentingnya semua ilmu bagi bekal kehidupan manusia inilah, yang nampaknya disadari sejak awal oleh Madrasah Ibtidaiyah (MI) Maarif Klesman Kabupaten Wonosobo yang dalam mendirikan dan menggagasnya melalui proses perjalanan yang sangat panjang. Pihak sekolah selalu mengedepankan kepada siswa didiknya agar dapat memahami ilmu agama dan ilmu umum. “Semua ilmu itu penting, baik ilmu agama maupun ilmu umum. Pendidikan ilmu agama kita terapkan 100 persen dan ilmu umum juga 100 persen,” kata mantan Kepala MI Maarif Klesman, H Ahmad Muhtasor.  Ilmu, kata Muhtasor, harus dipelajarai semuanya tanpa menganaktirikan ilmu yang lain. “Baik ilmu agama maupun ilmu umum, wajib dipelajarai. Diranah implementasi, tentu mebutuhkan kajian sesuai budaya yang ada.” MI Maarif yang kini mendapatkan Ak...